Tidak
tersembunyi kembali dikalangan para penuntut ilmu syar’i lebih lebih
ulamanya bahkan orang awamnya sekalipun yang baru baru kenal ngaji sudah
mengenal nama ulama pakar ahli nahwu diatas. Justru kitab nahwu yang
awal mula mereka pelajari dari hasil karya tulis beliau rahimahullah.
yang dikenal dengan “Matan Alajrumiyyah”.
Berikut biografi ringkas ‘ulama pakar nahwu Ibnu Aajurrum alaihi rahmatullah.
Nama beliau: Abu Abdillah Muhammad bin
Muhammad bin Dawud ash Shonhaji pakarnya adab, nahwu sekaligus qiro’ah
alaihi rahmatullah.
Kalimat: ” ash Shonhaji ” dinisbatkan ke “shonhajah” nama kabilah yang cukup terkenal dari himyar tempatnya di maghrib(afrika).
Yang bercerita tentang potret kehidupan
beliau rahimahullah, dari kalangan ‘ulama nahwu sungguh sangatlah
banyak. katakan seperti: Almakudi Abdurrahman bin shaleh, pakarnya
nahwu. wafat pada tahun:807H. dan Arro’i Annamiri Abu Abdillah Muhammad
bin Muhammad bin Muhammad bin Ismail Almaghribi Alandalusi. pakarnya
fiqh, ushul dan nahwu. wafat diKairo,Mesir pada tahun:853. dan dari
selain keduanya, mereka menjuluki imam tersebut sebagai pakarnya ilmu
nahwu..!!
Tempat kediaman beliau berada di negeri maghrib (afrika barat laut) disanalah Ibnu aajurrum mengajarkan ilmu.
Beliau dilahirkan pada tahun: 672 H
—bertepatan dengan wafatnya imam malik Muhammad bin abdillah alahi
rahmatullah— dan wafat pada tahun: 723H.
Ibnul hajj mengatakan: Dia Ibnu aajurrum memilki banyak karya tulis dan juga para syaikh(guru). seperti:
Abu Hayyan “shohib bahr muhit”.
Beliu banyak memilki karya tulis dan
juga syi’ir. Diantara karya tulis beliau seperti; “Muqodimah
Alajrumiyah” denganya beliau jadi ulama pakar nahwu yang cukup terkenal.
Meriwayatkan darinya abu abdillah Muhammad bin ibrohim alhadhromi
rahimahullah.
Dimata para ‘ulama pakar nahwu lainya
beliau tergolong ulama yang tinggi, kokoh dan kuat dalam bidang nahwu.
hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya ‘ulama yang men_syarah
karya tulis beliau tersebut. lebih lebih “Muqaddimah Alajrumiyyah”.
Tidak hanya tiga, empat, atau lima ‘ulama. tapi banyak ‘ulama yang
perhatian terhadapnya secara beraneka ragam bentuknya.
Diantara mereka ada yang men_Syarah
secara global, merinci, meringkas, meng_i’rob lafadz lafzdnya. dan ada
juga diantara mereka yang meyusun menjadi bait syiir. Seperti; Alimam al
Imriithi rajimahullah. beliau wafat pada tahun: (989H). dalam 250 bait
syi’ir. Beliau mengatakan dalam muqoddimah bait syi’ir yang begitu indah
tersebut:
والنحو أولا أولا أن يعلما — إذ الكلام دونه لن يفهما
وكان خير كتبه الصغيرة —- كراسة لطيفة شهيره
“Ilmu nahwu adalah ilmu pemula yang harus dipelajari,,
Tanpanya sebuah kalam tidak dapat dipahami,,
Kebersamaan itu menjadi matan yang terkenal,,
Sampai pada bait:
“Denganya ilmu beliau bermanfaat,,
___Meski dipandang hanya sebuah matan yang ringkas.
Dan diantaranya juga Alimam ‘Ubaid
robbih asy Syingkithi ‘alahi rahmatullah beliau wafat pada tahun:(1160H)
yang tersusun dalam 150 bait syiir.
Dan diantara ulama yang men_Syarah seperti:
.Asy Syaikh kholid Alazhari beliau wafat pada tahun 905H. dan diantara mereka yang mejelaskan secara rinci seperti:
.Alhithobi Arru’aini “shohib kitab
mutammimah Alajrumiyah”. Dan diantara ‘ulama yang
menginternasionalisasikan “muqaddimah ajrumiyah” tersebut seperti;
.”Syarah Alkafrowi” beliau wafat pada tahun: 1202H.
.”Tuhfah saniyah” milik Muhammad muhyiddin beliau wafat pada tahun:1393H.
.”Syarah ajrumiyah” milik Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahumulloh. beliau wafat pada tahun: 1421H.
____inilah ringkasan tarjamah Alimam Ibnu aajurrum. kita cukupkan sampai disini, nantikan episode berikutnya insya Allah_____
__akhukum alfaqir ila robbih abu hatim aljagiri__.
(Salah satu thulab di Darul Hadist Fuyus,Yaman)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar