Radio Muwahiddin

Selasa, 09 September 2014

Silsilah bid’ah thaharah ( Bag 7 & 8 )


catatanmms283



Silsilah bid’ah thaharah (7) – Adakah do’a di saat berwudhu

سلسلة أنواع بدع الطهارة

ما هو الدعاء أثناء الوضوء؟

الجواب: لم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم دعاء أثناء الوضوء وما يدعو به العامة عند غسل كل عضو بدعة. مثل قولهم عند غسل الوجه اللهم بيض وجهي يوم تسود الوجوه، وقولهم عند غسل اليدين اللهم أعطني كتابي بيميني ولا تعطني كتابي بشمالي إلى غير ذلك من الأدعية عند سائر أعضاء الوضوء. وإنما يشرع للمتوضئ أن يسمي الله عند بدء الوضوء، لحديث: ( لا وضوء لمن لم يذكر اسم الله عليه ) وأن يقول إذا فرغ من الوضوء: ( أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله، اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من المتطهرين

اللجنة الدائمة  5/206

Silsilah Bid’ah Thaharah (Bersuci)

Adakah do’a di saat berwudhu?

Jawab:



Tidak tetap dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam do’a di saat berwudhu. Dan do’a yang dibaca di saat membasuh anggota (wudhu) adalah bid’ah. Misal ucapan mereka di saat membasuh wajah; Allahumma bayyidh wajhi yauma taswaddul wujuuh (Ya Allah putihkanlah wajahku pada hari dihitamkannya wajah-wajah). Dan ucapan mereka di saat membasuh kedua tangan; Allahumma a’thini kitaabi biyamiini wa laa tu’thini kitaabi bisyimaali (Ya Allah basuhlah kedua tanganku…Ya Allah berilah kitabku (lembaran catatan amal) pada tangan kananku dan janganlah Engkau memberi kitabku pada tangan kiriku) dan selain itu dari do’a-do’a (dibaca) pada seluruh (gerakan) anggota wudhu. Hanya saja disyariatkan bagi yang berwudhu untuk menyebut nama Allah disaat mulai berwudhu’, berdasarkan hadits; Tidak ada wudhu’ bagi siapa yang tidak menyebut nama Allah. Dan hendaklah ia membaca setelah selesai berwudhu';

Asyhadu an laailaaha illallah wahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu, Allahummaj ‘alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathahhirin.

Al Lajnah Ad Daaimah 5/206
Alih bahasa: Al Ustadz Abdul ‘Aziz As Samarindy hafizhahullah

---------------------------------------------------------------



Silsilah bid’ah thaharah (8)
- Bolehkah saat membasuh wajah (wudhu) membaca Allahumma bayyidh wajhi kama bayyadhta wujuuhan wa kama sawwadta wujuuhan, Allahummaj’alni asyrabu min maa-il jannah…sampai akhir ucapan

سلسلة أنواع بدع الطهارة

هل يجوز للمسلم إذا توضأ فغسل وجهه أن يقول : اللهم بيِّض وجهي كما بيضت وجوهًا وكما سوَّدت وجوهًا، اللهم اجعلني أشرب من ماء الجنة . . . إلخ ؟

الجواب: لا يُقال هذا الدعاء عند غسل الوجه؛ لأنه لم يرد عن النبي صلى الله عليه وسلم، والنبي عليه الصلاة والسلام يقول: ( من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه؛ فهو ردٌّ ) رواه البخاري، ويقول: ( من عمل عملاً ليس عليه أمرنا؛ فهو ردٌّ ) رواه البخاري ، ولم يكن النبي صلى الله عليه وسلم يدعو عند غسل وجهه، إنما كان يقول عند بداية الوضوء: ” بسم الله ” ، وعند نهايته: ( أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله ), والحكمة في ذلك – والله أعلم – أنه يجمع بين الطهورين : الطهور بالماء من الحدث الأصغر والأكبر، وهي الطهارة من الحديث الحسيّ، وذلك بالماء، ويأتي بالشهادتين للطهارة من الشرك، فيجمع إذًا بين الطهارتين: الطهارة من الحدث والطهارة من الشرك، هذا هي الحكمة، والله أعلم، أما ما عدا ذلك؛ فلا يقال أدعية أثناء الوضوء؛ لأنه لم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم.

المنتقى من فتاوى الشيخ الفوزان -2/34

Silsilah Bid’ah Thaharah (Bersuci)

Soal:
Apakah dibolehkan bagi seorang muslim apabila berwudhu lalu membasuh wajahnya seraya mengucapkan:
“Allahumma bayyidh wajhi kama bayyadhta wujuuhan wa kama sawwadta wujuuhan, Allahummaj’alni asyrabu min maa-il jannah”…sampai akhir ucapan?

Jawab:

Tidak diucapkan do’a ini di saat membasuh wajah; karena tidak diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa mengada-adakan di dalam urusan kami perkara yg tidak ada bagian darinya, maka ia tertolak”, riwayat Bukhari.

Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah berdo’a di saat membasuh wajahnya.

Hanya saja beliau mengucapkan di permulaan wudhu':
“bismillah”.

Dan di penghujungnya:
“Asyhadu an laailaahaillallah wahdahu laa syariikalahu wa asyhafu anna muhammadan ‘abduhu wa rusuuluhu”.

Dan hikmah dalam hal (wudhu’) tersebut -wallahu a’lam- bahwasanya ia mengumpulkan dua kesucian; yaitu, kesucian dengan air dari hadats kecil dan besar, maksudnya kesucian dari hadats secara hissiy (indrawi). Dan (kesucian) itu dengan air.

Dan mendatangkan 2 kalimat syahadat guna membersihkan dari syirik.

Maka terkumpul kalau begitu diantara 2 kesucian; yaitu, kesucian dari hadats dan kesucian dari syirik. Ini adalah hikmah. Wallahu a’lam. Adapun selain itu, maka tidak diucapkan do’a-do’a di saat berwudhu’, karena tidak tetap dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Al Muntaqa min Fatawa Asy Syaikh Al Fauzan 2/34

Alih bahasa: Al Ustadz Abdul ‘Aziz As Samarindy hafizhahullah


sumber: http://www.thalabilmusyari.web.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Dipersilakan untuk menyebarluaskan isi dari blog ini untuk kepentingan da'wah, tanpa tujuan komersil dengan menyertakan URL sumber. Jazakumullohu khairan."