Radio Muwahiddin

Sabtu, 27 September 2014

Penjelasan Hadits Berbakti Pada Kedua Orang Tua”


Alafwu, ana ingin menanyakan mengenai hadist ini :
Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Terhinalah dia, terhinalah dia, terhinalah dia. ” Mereka bertanya; wahai Rasulullah! Siapa? Beliau bersabda, “Orang yang mendapati kedua orang tuanya ketika tua atau salah satu dari keduanya namun dia masuk neraka.”
(HR. Muslim/Shahih Adabul Mufrod)


Penjelasan mengenai hadist tersebut bagaimana ya ustadz? JazakaLlah khairan.



Jawaban
 
Bismillah.


Na’am,hadits tersebut adalah hadits shahih dari sahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu dan diriwayatkan juga oleh imam Muslim dalam shahihnya.


Adapun makna hadits tersebut,diterangkan oleh imam an-Nawawi rohimahulloh dalam syarah shahih muslim:
 

“Di dalam hadits ini ada anjuran untuk berbakti kepada kedua orang tua, dan berbakti kepada kedua org tua memiliki pahala amat besar. Artinya: bahwa di dalam berbakti kepada keduanya di saat mereka sudah semakin tua dan lemah, baik dengan memberikan khidmat kita kepada mereka ataupun memberikan nafkah kepada mereke menjadi sebab masuk ke dalam surga, maka barangsiapa yang menguranginya bearti dia kehilangan kesempatannya untuk masuk surga dan Alloh akan menghinakan dirinya.” [Syarah an-Nawawi 16/208-209]

Kesimpulannya: barangsiapa yang tidak segera mengambil kesempatan untuk berbuat ihsan kepada keduanya terlebih lagi di masa tua mereka maka akan sangat rentan menjadi hina dan rendah keadaannya [Faidhul Qodir, al-Munawi 4/34]. 

Wallohu a’lam

di Jawab oleh Al Ustadz Muhammad Sholehudin Hafizhahullah

sumber: http://forumsalafy.net/?p=59

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Dipersilakan untuk menyebarluaskan isi dari blog ini untuk kepentingan da'wah, tanpa tujuan komersil dengan menyertakan URL sumber. Jazakumullohu khairan."