SUUZH ZHAN TERHADAP ORANG YANG CONDONG KEPADA AHLI BID'AH
------------------------------------------------------------------------------------------------------
الشيخ زيد المدخلي ( يجوز سوء الظن بمن أتى بأسبابه ، كمن تراه يغضب إذا ذكر أهل البدع وتكلّم فيهم وحذر منهم )
بسم الله الرحمن الرحيم
جواب فضيلة الشيخ زيد بن محمد المدخلي حفظه الله
السؤال :
هل الاحتياط في عدم الترويج لبعض من ظهرت منه مواقف وكلمات فيها نظر حتى يتضح أمره ، هل يعتبر هذا الفعل صوابا أم لا ؟
الجواب :
أولا : أقول : لا يجوز سوء الظن بأهل السنة والجماعة الذين هم متمسكون بها والموالون لأهلها والمجالسون لهم والمبتعدون عن أهل الأهواء والبدع .
ويجوز سوء الظن بمن أتى بأسبابه ، كمن تراه يغضب إذا ذكر أهل البدع وتكلّم فيهم وحذر منهم تحذيرا عاما ، أو تسمعه يدافع عنهم جماعات أو أفرادا ، أو دلّت قرائن يتبين منها أن الشخص مميّع لمنهج أهل السنة ، فلا تروج له ولا ترشد إلى الأخذ عنه حتى تتبين لك سلامته فترشد طلاب العلم إلى أخذ العلم عنه ، أو يتبين لك موالاته لأهل البدع ولو بالترويج لهم وعدم الإنكار عليهم فاحذره وحذر منه ، وحقا ما قاله الشاعر :
ومهما تكن عند امرئ من خليقة ـ ـ ـ ـ وإن خالها تخفى على الناس تعلم
فمثل هذا ومن ماثله تبين له أيها الداعية خطأه بيانا واضحا جليا ، وتورد له الأدلة التي يتميز بها الخطأ من الصواب ، ثم انظر إلى أي فرقة يزحف ، وأي جماعة يألف ، ومع من يغدو ويروح ، واعلم أن من أخفى على أهل السنة بدعته ، فلن تخفى عليهم ألفته .
المصدر :
شبكة سحاب السلفية
الأجوبة الأثرية عن المسائل المنهجية (ص : 93)
لفضيلة الشيخ زيد بن محمد المدخلي حفظه الله .
Boleh suuzh zhan terhadap orang yang mempunyai sebab-sebabnya, seperti orang yang engkau lihat marah ketika ahlul bid’ah disebut-sebut dan diperbincangkan, serta diperingatkan dari mereka
Jawaban Syaikh Zaid bin Muhammad Al-Madkhali hafizhahullah
Soal:
Apakah berhati-hati bila tidak memperkenalkan sebagian orang yang nampak darinya sikap-sikap dan ucapan-ucapan yang mengandung sesuatu sampai jelas perkaranya, apakah perbuatan ini terhitung benar atau tidak?
Jawab:
Pertama: Aku berkata: Tidak boleh suuzhan dengan ahlussunnah wal jamaah yang mereka berpegang teguh dengannya dan wala terhadap ahlussunnah, bermajlis dengan mereka, dan menjauhi ahlul hawa dan ahlul bidah.
Boleh suuzhan terhadap orang yang melakukan asbab-asbabnya, seperti orang yang engkau lihat marah jika ahlul bid’ah disebut-sebut, diperbincangkan, diperingatkan mereka secara umum, atau yang engkau dengar membela mereka baik secara jamaah atau perorangan, atau qarinah-qarinah yang jelas menunjukkan bahwa orang ini mumayyi’ terhadap manhaj ahlussunnah, maka jangan engkau memperkenalkan dia dan menunjukkan untuk mengambil ilmu darinya sampai jelas keselamatannya, sehingga engkau bias menunjukkan tulabul ilmi untuk mengambil ilmu darinya. Atau jelas dia berwala (loyal) terhadap ahlul bid’ah, meskipun dia hanya memperkenalkan ahlul bid’ah dan tidak mengingkari mereka, maka berhati-hatilah darinya dan peringatkan orang darinya. Dan sungguh benar yang dikatakan penyair:
Apapaun satu perangai pada seseorang
Meskipun hal itu tersembunyi atas manusia, akan diketahui juga
Orang seperti ini dan semisalnya, wahai daiyah, engkau jelaskan kesalahanya dengan jelas, dan engkau bawakan dalil-dalil yang membedakan kesalahannya dari kebenarannya, kemudian engkau lihat ke firqah apa dia bergabung, ke jamaah apa dia bersatu, dan bersama siapa dia pergi. Ketahuilah bahwa orang yang menyembunyikan bidahnya terhadap ahlussunnah, maka tidak akan tersembunyi teman-temannya.
Sumber: Al-Ajwibah Al-Atsariyah ‘An Al-Masail Al-Minhajiyyah hal 93 dari
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=122704&view=findpost&p=604281
Tidak ada komentar:
Posting Komentar